Ketahui, 7 Penyebab Kenapa HP Kamu Jadi Lemot

Ketahui, 7 Penyebab Kenapa HP Kamu Jadi Lemot

Penyebab Umum Ponsel Lemot - Pada era saat ini, bagi sebagian orang smartphone sudah menjadi kebutuhan primer. Berbagai segmen masyarakat seperti anak SD, mahasiswa, dan para pejabat pasti membutuhkannya. Ini disebabkan karena harganya yang sudah bervariasi, mulai dari harga murah hingga sampai puluhan juta pun ada. 


Namun, ada kalanya Hp/smartphone sudah mulai lemot, banyak error, dan nyendat-nyendat atau istilahnya nge-lag. Sebagian memang memiliki masa penggunaan. Tapi, jangan khawatir dulu saat Hp mu tiba-tiba lemot. Disini ada beberapa hal yang menyebabkannya menjadi lemot, mari kita bahas dulu yaa.

7 Penyebab HP menjadi lemot:

1. Ruang penyimpanan hampir penuh

Penyebab HP Android Lemot
Mengoperasikan smartphone dengan ruang penyimpanan yang tersisa sedikit akan membuat penggunaannya menjadi lambat. Memang sii ada beberapa ponsel yang tidak masalah bila ruang penyimpanan tinggal sedikit. Namun, pasti akan ada pemberitahuan bahwa memori hampir penuh. Solusinya adalah hapus file-file atau foto yang tidak perlu.

2. Banyak aplikasi yang diinstall

Penyebab HP Android Lemot
Ini dia, terkadang kita memang penasaran dengan aplikasi yang tersedia di playstore sehingga install aja semua. Namun dengan banyaknya aplikasi ternyata juga memakan RAM banyak. Nah, alangkah baiknya install saja aplikasi yang memang kita butuhkan untuk sehari-hari.

3. Sampah atau Cache yang menumpuk

Penyebab HP Android Lemot
Masih ada hubungannya dengan poin pertama tadi, sampah/cache yang menumpuk bisa memakan ruang penyimpanan lho. Kita memang asyik berselancar dengan hp kita, ternyata ada sisa-sisa cache yang ditinggalkan. Maka dari itu jangan lupa untuk memakai aplikasi Cleaner yaa setidaknya tiga hari sekali. 

4. Terdapat aplikasi tidak perlu yang berjalan di background

Penyebab HP Android Lemot
Ini yang banyak orang tidak tahu, jaman sekarang beli Hp baru seperti Android terdapat aplikasi bawaan atau bloatware yang sudah terinstall. Kalau dipakai sebenarnya tidak masalah, yang menjadi masalah ialah kalau tidak dipakai nih. Soalnya akan memakan RAM juga karena biasanya berjalan di background. Solusinya adalah masuk ke pengaturan lalu disable atau uninstall saja yaa.
 

5. Sistem operasi belum update

Penyebab HP Android Lemot
Bagi pengguna ponsel pintar saat ini memperbarui sistem operasi harus selalu diperhatikan. Karena dengan menggunakan sistem operasi yang paling baru akan meminimalisir adanya error.

6. Mudah panas atau overheat

Penyebab HP Android Lemot
Penggunaan di luar ruangan dibawah terik matahari dapat membuat Hp menjadi cepat panas. Sehingga proses tidak bisa berjalan semestinya dan memperlambat Hp kita.

7. Prosesor yang ketinggalan zaman

Penyebab HP Android Lemot
Artinya adalah prosesor yang tersemat pada ponsel kita sudah hampir tidak kuat lagi menjalankan aplikasi yang berjalan. Sebenarnya masih kuat, tapii dengan spesifikasi aplikasi yang minimum. Untuk lebih detail tentang jenis prosesor bisa klik Jenis-jenis Prosesor yang Digunakan Pada Smartphone.

Kesimpulan

Jadi, dari poin-poin diatas kalo dari admin yaa menggunakan Hp kita sewajarnya dan sesuai kebutuhan, sehingga bisa awet. Namun bila teman-teman ingin membeli Hp baru ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:
  • RAM dan Internal setidaknya 2Gb / 32Gb
  • Prosesor minimal quad core 

Itu saja sii uraian artikel dari admin dan bila artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk share yaa :))
 
Lebih baru Lebih lama