Jenis-jenis Prosesor yang Digunakan Pada Smartphone

Jenis-jenis Prosesor yang Digunakan Pada Smartphone

Jenis Prosesor Pada HP/Smartphone - Seiring berkembangnya teknologi, penggunaan prosesor tidak hanya pada PC/Laptop saja. Tetapi, prosesor atau CPU ternyata digunakan pula pada Smartphone. Pantas saja, semua dapat dilakukan dalam genggaman dan lebih cepat karena proses untuk berkomunikasi sekarang hanya perlu sekali klik.

Prosesor atau CPU adalah suatu komponen yang berperan sebagai otak untuk menjalankan sebuah proses komputasi dan pengendali kerja untuk melakukan kerjasama dengan komponen-komponen lainnya. Satuan kecepatan dalam Prosesor adalah Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (Giga Heartz).

Setiap smartphone memiliki berbagai jenis prosesor yang digunakan. Tentunya, jenis prosesor memiliki keunggulan tersendiri. Semakin tinggi kualitas atau spesifikasi prosesor, otomatis performa smartphone semakin bagus pula. Nah, ini dia apa saja jenis prosesor yang sering digunakan pada hp/smartphone




Jenis-jenis Prosesor yang Digunakan Smartphone:

1. Qualcomm Snapdragon

Jenis-jenis Prosesor yang Digunakan Pada Smartphone
Image: engadget.com

Qualcomm Snapdragon merupakan prosesor yang paling terkenal, serta paling banyak digunakan. Hampir semua produsen smartphone memilih menggunakan prosesor yang satu ini. Produk yang berasal dari perusahaan Qualcomm (Amerika Serikat) ini telah melahirkan berbagai generasi prosesor. 

Kulitas dari prosesor ini tak perlu diragukan lagi, karena perangkat high-end pun banyak pula yang memakainya. Bagi kalian para pecinta game, mungkin Qualcomm Snapdragon merupakan pilihan yang tepat.



2. Apple A

Jenis-jenis Prosesor yang Digunakan Pada Smartphone
Image: idownloadblog.com

Siapa yang tidak tahu Apple? Ya, prosesor asli besutannya ini hanya digunakan pada produk-produk mereka sendiri yaitu iPhone dan iPad. Tidak kalah bagus dengan Qualcomm Snapdragon, setiap tahunnya mereka selalu mengklaim bahwa prosesornya lah yang terbaik. 

Sejak awal kemunculannya di tahun 2007, Apple langsung mendobrak pasar smartphone dengan prosesornya yang satu ini. Untuk mendapatkan salah satu posisi sebagai smartphone terbaik seperti sekarang, Apple selalu bekerja keras untuk menyempurnakan ponsel mereka terutama pada bagian prosesor ini.



3. Exynos

Jenis-jenis Prosesor yang Digunakan Pada Smartphone
Image: samsung.com

Exynos merupakan jenis prosesor yang dibuat oleh perusahaan Samsung (Korea Selatan), yang khusus untuk perangkat smartphone dan tablet. Sekarang, hampir semua produk ponselnya menggunakan prosesor buatannya ini. Banyak yang menilai bahwa Exynos hampir sama bagusnya dengan Qualcomm. Kombinasi dengan GPU membuat kinerja prosesor ini dapat mengoperasikan game 3D dengan maksimal.



4. MediaTek

Jenis-jenis Prosesor yang Digunakan Pada Smartphone
Image: gsmarena.com

MediaTek merupakan perusahaan asal Taiwan yang memproduksi berbagai produk elektronik, salah satunya adalah prosesor. Secara tidak langsung, Mediatek dan Qualcomm Snapdragon kerap dibandingkan untuk menentukan mana yang lebih bagus.

Awal kemunculannya, Mediatek memang dianggap kalah jauh dibanding dengan Qualcomm Snapdragon. Namun semakin kesini, prosesor ini bisa dikatakan sudah setara dengan prosesor Qualcomm. Keunggulan Mediatek dibandingkan dengan prosesor yang lain adalah dari segi harga. Mediatek memiliki harga yang lebih terjangkau, maka dari itu banyak diminati oleh para produsen smartphone.




Itulah empat jenis prosesor yang paling banyak digunakan pada ponsel atau smartphone sekarang ini. Menurut kalian, prosesor manakah yang terbaik?

 
Lebih baru Lebih lama