Cara Merawat Baterai iPhone Biar Awet dan Anti Kembung

Cara Merawat Baterai iPhone Biar Awet dan Anti Kembung

Menjaga Baterai iPhone - Baterai adalah komponen penting dalam perangkat iPhone, baterai ibarat nyawa yang dapat menghidupkan sebuah perangkat ponsel. Merawatnya dengan baik adalah kunci untuk menjaga daya tahan baterai supaya tetap optimal.

Baterai yang awet akan membuat iPhone kita dapat digunakan sepanjang hari tanpa harus sering diisi daya. Berikut adalah beberapa tips yang telah Admin rangkum mengenai cara merawat baterai mulai dari iPhone Xr, 11, 12, 13, di seri Pro atau Pro Max agar tetap awet dan berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Inilah Penyebab Battery Health iPhone Cepat Turun!




Tips Merawat Battery Health iPhone Supaya Awet dan Tidak Turun

1. Menghindari Pengisian Secara Berlebih

Hal pertama yang penting dalam merawat baterai iPhone adalah menghindari pengisian berlebihan. Memang sebagian besar iPhone sudah dilengkapi sistem perlindungan yang mencegah pengisian berlebihan setelah baterai mencapai 100%.

Tetapi, jika ingin memaksimalkan umur baterai, sebaiknya hindari mengisi daya perangkat semalaman. Cukup isi daya hingga 80-90% saja, bisa dengan cara mengaktifkan fiturnya di Settings – Battery – Battery Health & Charging – aktifkan Optimized Battery Charging.



2. Menghindari Penggunaan di Suhu Ekstrem

Suhu ekstrem, baik terlalu panas maupun terlalu dingin, dapat merusak baterai iPhone. Hindari meninggalkan iPhone di bawah sinar matahari langsung atau dalam suhu yang sangat rendah, seperti di dalam freezer.

Juga, jangan menggunakan iPhone sambil mengisi daya, terutama jika memainkan game atau aplikasi berat. Hal tersebut akan membuat suhu baterai iPhone menjadi panas dan merusak komponen baterai.



3. Menggunakan Charger Asli

Penggunaan kepala charger dan kabel asli adalah cara merawat baterai iPhone yang tidak kalah penting. Charger dan kabel palsu atau murahan dapat merusak baterai dan bahkan membahayakan perangkat dan komponen didalamnya.



4. Rutin Update iOS

Jangan lupa pastikan untuk selalu menjalankan versi terbaru iOS yang dirilis oleh Apple. Karena pembaruan perangkat lunak dan iOS sering mencakup perbaikan manajemen daya dan dapat membantu memperpanjang umur baterai.



5. Kalibrasi Baterai

Melakukan kalibrasi baterai dengan cara mengosongkan baterai hingga perangkat mati dan mengisi daya hingga 100% secara berkala. Hal ini dapat membantu memperbarui pengukuran kapasitas baterai.



6. Hindari Baterai Habis Terlalu Sering

Jangan biarkan baterai kosong atau hingga mati terlalu sering, hal ini dapat memperpendek usia baterai karena cycle meningkat. Cobalah untuk menjaga baterai minimal di level 20-80% di penggunaan sehari-hari.




Penutup

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, kita dapat membuat Battery Health iPhone agar tetap awet dan bekerja lebih lama dengan baik.

Perlu diingat bahwa seiring berjalannya waktu, baterai akan mengalami penurunan kapasitas secara alami, tetapi dengan perawatan yang baik, kita dapat meminimlisir penurunan dan memperpanjang umur baterai iPhone.

 
Lebih baru Lebih lama