Pengertian Domain .ID, Bangun Identitas Terkait Indonesia

Pengertian Domain .ID, Bangun Identitas Terkait Indonesia

Mengenal Domain .ID - Di era digital kini, memiliki identitas online yang kuat adalah hal yang sangat penting bagi tiap individu, organisasi, atau perusahaan.

Salah satu cara untuk membangun identitas online yang kuat terkait dengan Indonesia adalah dengan penggunaan domain .id.

Dalam artikel ini, admin akan berbagi dan menjelaskan pengertian apa itu domain .id, siapa pengelolanya, dan mengapa domain .id menjadi pilihan yang tepat bagi pengguna di Indonesia.




Pengertian Apa itu Domain .ID

Pengertian Domain .ID, Bangun Identitas Terkait Indonesia
Foto: PANDI

Domain .id adalah ekstensi domain tingkat teratas (Top-Level Domain/TLD) yang khusus untuk negara Indonesia. Dikelola oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) adalah registri nama domain tingkat atas Indonesia yang ditugaskan oleh Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi (Kominfo) Republik Indonesia.

Domain ini dapat mengidentifikasikan situs web, blog, atau organisasi online lainnya memiliki hubungan dengan Indonesia. Dengan menggunakan domain .id, pemilik dapat secara langsung mengkomunikasikan hubungan mereka dengan negara asalnya.




Keuntungan Memilih Domain .ID

Pengertian Domain .ID, Bangun Identitas Terkait Indonesia

Keuntungan website dengan domain .id lebih mudah ditemukan konsumen lokal Indonesia dari mesin pencari. Karena domain .id adalah domain resmi yang dikhususkan untuk website Indonesia dengan Istilah resminya adalah Country-Code Top Level Domain (cc-TLD).

Dengan menggunakan cc-TLD, secara langsung website telah memiliki target spesifik secara geografis. Artinya, jika kita memiliki bisnis di Indonesia menggunakan domain .id, dapat membantu meningkatkan citra dan memberikan kesan di mesin pencari bahwa bisnis kita berada dalam jangkauan pasar Indonesia.

Domain .id juga dapat digunakan oleh individu yang ingin menguatkan identitas online yang terkait dengan Indonesia, seperti blogger, seniman, atau UMKM.




Apakah Domain .ID Aman?

Pengertian Domain .ID, Bangun Identitas Terkait Indonesia

Menggunakan domain .ID djamin aman, karena berada dibawah otoritas negara (Indonesia). Apabila terjadi tindakan kriminal atau kejahatan siber, negara dapat berperan aktif dalam membantu penanganannya.

Tidak seperti domain TLD masodee.com, lokasi DNS (Domain Name Server) domain .id berada di Indonesia. Sehingga ketika ada pengunjung dengan perangkat mobile atau desktop di website kita halamannya akan lebih cepat terbuka.




Kesimpulan

Domain .id adalah ekstensi domain tingkat teratas yang ditujukan untuk negara Indonesia. Pengguna dapat menguatkan citra, meningkatkan profesionalisme, dan membangun kepercayaan diantara pengguna online secara online terkait Indonesia. Dikelola secara aman dan cepat oleh PANDI dibawah naungan Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi (Kominfo) Republik Indonesia.

Bagaimana menurut kalian? Jika ada tambahan silakan tulis di kolom komentar dan jangan lupa bagikan artikel ini.

 
Lebih baru Lebih lama