Inilah 5 Prospek Kerja Lulusan Politeknik APP Jakarta

5 Prospek Kerja Lulusan Politeknik APP Jakarta

Prospek Politeknik APP - Dunia industri adalah sektor ekonomi untuk memproduksi barang jadi dengan bahan baku atau bahan mentah melalui proses produksi penggarapan dalam jumlah besar.

Di Indonesia, terdapat perguruan tinggi yang berfokus mencetak SDM handal di bidang perindustrian dan logistik. Berikut adalah pembahasan dan prospek kerja lulusannya.




Sekilas Tentang Politeknik APP Jakarta

5 Prospek Kerja Lulusan Politeknik APP Jakarta
Foto: Politeknik APP Jakarta

Politeknik APP Jakarta (Akademi Pimpinan Perusahaan) adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan berstatus ikatan dinas dibawah naungan Kementerian Perindustrian.

Akademi Pemimpin Perusahaan disingkat APP didirikan tahun 1958, merupakan perguruan tinggi pelopor Manajemen Industri di Indonesia. Di awal pendiriannya, jurusan yang dibuka yaitu Mekanik dan Kimia.




5 Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Politeknik APP Jakarta 2023:


1. Manager Logistik

Inilah 5 Prospek Kerja Lulusan Politeknik APP Jakarta

Lulusan Politeknik APP Jakarta dapat bekerja sebagai manajer logistik di sebuah perusahaan. Bertugas untuk mengawasi pergerakan, distribusi, dan penyimpanan persediaan material di perusahaan.

Selain itu, seorang manager logistik juga merencanakan rute, menganalisis anggaran, dan memproses pengiriman.



2. Warehouse Administration

Inilah 5 Prospek Kerja Lulusan Politeknik APP Jakarta

Warehouse admin atau administrator gudang bertugas untuk mengawasi pengelolaan stok di sebuah perusahaan. Termasuk menerima, mengeluarkan, mengirimkan stok, dan menangani komunikasi antara perusahaan pengiriman dan pelanggan. Administrator gudang bertanggung jawab atas pengelolaan data dan inventarisasi semua stok.



3. Marketing Specialist

Inilah 5 Prospek Kerja Lulusan Politeknik APP Jakarta

Pemasaran (marketing) bertugas untuk memperkenalkan produk, jasa, atau layanan sebuah perusahaan ke masyarakat luas. Serangkaian aktivitasnya mulai dari kegiatan promosi, distribusi, penjualan, hingga tahap pengembangan produk.



4. Market Research Analyst

Inilah 5 Prospek Kerja Lulusan Politeknik APP Jakarta

Seorang market research analyst bertugas mempelajari preferensi konsumen, kondisi bisnis, dan faktor lain untuk menilai potensi penjualan suatu produk atau layanan.

Mereka membantu perusahaan memahami produk apa yang diinginkan orang, siapa yang akan membelinya, dan berapa harganya.



5. Wirausaha Industri

Inilah 5 Prospek Kerja Lulusan Politeknik APP Jakarta

Lulusan Politeknik APP Jakarta juga terbuka lebar untuk menjadi seorang wirausahaan bidang industri. Langkah ini mendapatkan dukungan penuh dari Kementrian Perindustrian (KEMENPERIN). Diharapkan para lulusannya dapat menciptakan lapangan kerja daerahnya masing-masing.




Kesimpulan

Politeknik APP Jakarta selalu memperhatikan mahasiswa yang telah lulus. Diharapkan dalam tiga bulan, para alumni sudah terserap di dunia kerja. Namun, bila masih belum mendapatkan pekerjaan, alumni akan dipanggil untuk mendapatkan mentoring selama tiga bulan ke depan. Jadi, dalam waktu enam bulan diharapkan semua sudah terserap di dunia kerja.

 
Lebih baru Lebih lama