5 Rekomendasi Software Akuntansi Online Terbaik di Indonesia

5 Rekomendasi Software Akuntansi Online Terbaik di Indonesia

Aplikasi Akuntansi Terbaik - Akuntansi adalah suatu teknik untuk mengumpulkan, mengidentifikasi, mengklasifikasi, mencatat transaksi yang berhubungan dengan keuangan bertujuan untuk mendapatkan informasi berupa laporan keuangan yang dapat digunakan oleh pihak yang berkepentingan.

Di era modern saat ini mulai bermunculan aplikasi-aplikasi yang memudahkan proses pencatatan transaksi. Aplikasi tadi juga sudah banyak digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari mahasiswa, bisnis kecil, hingga perusahaan besar.

Berkembangnya internet memiliki peran penting dalam memajukan software akuntansi. Berikut ini rekomendasi aplikasi akuntansi online terbaik di Indonesia.




Apa itu Software Akuntansi Online?

Software akuntansi online adalah sebuah software yang segala aktivitas pencatatan akan tersimpan di cloud system. Jadi, data yang kita olah tidak lagi berada di penyimpanan lokal seperti hard disk, melainkan di penyimpanan cloud dan dapat diakses kapanpun dimanapun secara real-time selama terhubung koneksi internet.




5 Rekomendasi Software Akuntansi Online Terbaik 2023

1. Jurnal by Mekari

5 Rekomendasi Software Akuntansi Online Terbaik di Indonesia

Jurnal adalah aplikasi akuntansi yang dikembangkan oleh perusahaan Mekari (PT Mid Solusi Nusantara). Jurnal menawarkan fitur yang sesuai dengan standar akuntansi di Indonesia dan mudah digunakan oleh pemula.

Tampilan yang user friendly dan dukungan tim support 24 jam, membuat siapapun dapat menggunakan aplikasi Jurnal. Dilengkapi fitur kalkulasi otomatis sehingga mampu meminimalisir risiko salah hitung. Aplikasi ini telah dipercaya dan digunakan oleh lebih dari 20.000 perusahaan terkemuka. 

Kelebihan:

  • Tampilan yang mudah dipahami oleh pemula
  • Format laporan yang sesuai standar di Indonesia dan dapat diekspor ke excel atau pdf
  • Sistem keamanan setara Bank dan telah tersertifikasi ISO / IEC 27001



2. Accurate Online

5 Rekomendasi Software Akuntansi Online Terbaik di Indonesia

Accurate Online adalah aplikasi akuntansi platform pembukuan yang telah membantu lebih dari 483.000 pelaku usaha dalam mengelola bisnis lebih mudah dan cepat. Terdapat fitur seperti membuat penawaran, invoice, hingga menerima pembayaran penjualan tanpa perlu mencatat berulang kali.

Dapat merekap hasil penjualan marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, JD.id, Blibli, dan Elevenia ke Accurate Online secara ringkas. Dilengkapi fitur perpajakan perusahaan dalam satu aplikasi dengan integrasi e-Faktur, e-Filing, e-SPT PPN, dan e-Billing secara otomatis, sehingga meminimalisir risiko kesalahan hitung.

Kelebihan:

  • Bisa multi mata uang
  • Integrasi e-Faktur, e-Filing, dan e-Billing
  • Terdapat pembuatan jurnal otomatis



3. Kledo

5 Rekomendasi Software Akuntansi Online Terbaik di Indonesia

Kledo adalah software akuntansi online yang mampu mencatat invoicing, purchase order, dan segala aktivitas bisnis yang mampu menampilkan analisa performa dalam grafik. Memiliki user interface simpel dan mudah dipakai yang dapat membuat nyaman bekerja.

Dilengkapi fitur pencataan aset bisnis seperti bangunan, mobil, mesin, dan alat kantor, serta mampu digunakan untuk perhitungan depresiasi.

Kelebihan:

  • Mendapatkan empat fitur gratis yaitu, Laporan Neraca, Laporan Arus Kas, Laporan Rugi Laba, dan Buku Besar
  • Tampilan anlisa grafik yang akurat dan mudah dipahami
  • Terdapat fitur pencataan aset



4. Harmony

5 Rekomendasi Software Akuntansi Online Terbaik di Indonesia

Harmony adalah aplikasi pembukuan online yang membantu para pengusaha dalam mengembangkan usahanya. Berfokus dalam pengembangan Software as a Service (SaaS) termasuk akuntansi, invoicing, dan sistem finansial.

Didukung oleh tim berpengalaman dalam mengembangkan aplikasi desktop, android/ios app, dan cloud-based app. Harmony telah dipercaya oleh ribuan pemilik usaha kecil dan mikro (UMKM) di Indonesia.

Kelebihan:

  • Smart Invoice yang dapat melacak invoice dengan cepat
  • Pantau pengeluaran perusahaan dengan mudah
  • Terdapat fitur rekonsiliasi bank yang akurat, cepat, dan aman



5. Zahir Accounting

5 Rekomendasi Software Akuntansi Online Terbaik di Indonesia

Zahir Accounting adalah perusahaan internasional yang memiliki cabang di beberapa negara seperti, Indonesia, Malaysia, Singpura, dan Australia. Berfokus membantu para pengusaha untuk menghasilkan laporan keuangan secara instan.

Laporan keuangan yang bisa diakses secara real-time kapan saja dan di mana saja. Dapat digunakan di sistem operasi berbasis Android dan iOS.

Kelebihan:

  • Ekspor laporan keuangan, akuntansi, penjualan, dan laporan lainnya dalam bentuk pdf atau excel 
  • Bisa menampilkan grafik transaksi penjualan dan pembelian
  • Terdapat fitur pengingat yang akan memberitahukan informasi terkait utang, piutang, giro yang sudah jatuh tempo



Akhir Kata

Itulah lima rekomendasi software akuntansi online terbaik yang dapat sobat coba. Melakukan pencataan keuangan terkadang banyak memakan waktu, namun hadirnya teknologi terbaru dapat membuat pencataan semakin lebih cepat dan mudah. Semoga dapat membantu dalam memilih software akuntansi online.

 
Lebih baru Lebih lama