5 Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Polbangtan

5 Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Polbangtan

Prospek Kerja Polbangtan - Indonesia merupakan negara agraris, artinya negara yang menghasilkan produk pertanian dalam jumlah besar. Terdapat banyak sekali perguruan tinggi yang berfokus mencetak hasil lulusan terbaik untuk terjun di bidang pertanian. Salah satu perguruan tinggi yang memiliki fokus dalam pertanian adalah Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan).




Sekilas Tentang Politeknik Pembangunan Pertanian

Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Polbangtan
Foto: Polbangtan Medan

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) adalah institusi pendidikan tinggi berkedinasan dibawah binaan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) dan naungan Kementerian Pertanian.

Memiliki visi untuk menciptakan sumber daya manusia pertanian yang profesional, mandiri, dan berdaya saing. Saat ini terdapat enam institusi, yaitu Polbangtan Medan, Polbangtan Bogor, Polbangtan Yogyakarta - Magelang, Polbangtan Malang, Polbangtan Gowa, dan Polbangtan Manokwari.

Gelar yang didapatkan para wisudawan Polbangtan adalah Sarjana Terapan Pertanian (S.Tr.P) dan Sarjana Terapan Peternakan (S.Tr.Pt). Lalu, para lulusan Polbangtan nantinya jadi apa sih? Simak dibawah ini.




Daftar 5 Prospek Menjanjikan Lulusan Polbangtan:


1. Asisten Perkebunan

Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Polbangtan

Lulusan dari Polbangtan seluruh Indonesia memiliki peluang kerja yang besar untuk menjadi seorang Asisten Kebun. Hal ini dikarenakan perkebunan di Indonesia mulai mengalami perkembangan sehingga butuh lulusan-lulusan muda yang kompeten.

Oleh karena itu, merekrut lulusan Polbangtan menjadi daya tarik tersendiri bagi PT maupun perusahaan perkebunan.



2. Pegawai Negeri Sipil

Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Polbangtan
Foto: myskill.id

Menjadi Pegawai Negeri Sipil adalah prospek yang bisa dijadikan pilihan karena formasi yang dibuka cukup banyak setiap tahunnya. Selain itu, negara Indonesia yang merupakan negara agraris pastinya membutuhkan tenaga para generasi muda terbaik, supaya sektor pertanian semakin maju. Penempatannya di seluruh Indonesia salah satunya adalah di Kantor Kementerian Pertanian.



3. Wirausaha Pertanian

Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Polbangtan

Banyak orang yang menganggap berwirausaha di bidang pertanian akan penghasilan rendah yang tidak menjanjikan masa depan. Padahal, di jaman yang modern ini bidang pertanian tidak sekedar bercocok tanam di sawah tetapi sudah sangat berkembang.

Hal ini bisa dilihat dengan adanya perkembangan hidroponik, aeroponik, rekayasa genetika, dan sebagainya.Jadi, era teknologi saat ini mengarahkan pendidikan pertanian untuk menghasilkan ahli teknologi pertanian dan entrepreneurship pertanian.

Selain itu, Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Peranian (BPPSDMP) juga memotivasi dan memfasilitasi pemuda/pemudi untuk menjadi wirausaha di bidang pertanian.



4. Karyawan Perkebunan Sawit

Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Polbangtan

Lulusan Polbangtan terbuka untuk lapangan pekerjaan di sektor pertanian khususnya di perkebunan kelapa sawit. Tak sedikit institusi yang bekerja sama dengan PT perkebunan sawit serta menawarkan alumni untuk bekerja disana.

Lulusan Polbangtan sudah dibekali wawasan tentang lapangan pekerjaan di perkebunan kelapa sawit, sehingga ketika lulus dan ditempatkan sudah siap untuk bekerja.



5. Eksportir Pertanian

Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Polbangtan

Pelaku eksportir pertanian adalah salah satu peluang yang bisa diambil oleh lulusan Polbangtan. Hal ini dikarenakan kebutuhan ekspor negara kita yang tinggi untuk menambah devisa. Adapun komoditas yang bisa diekspor antara lain, bibit, kopi, komoditas tanaman obat, aromatik dan buah-buahan tahunan.




Penutup

Itulah sederet prospek kerja lulusan Polbangtan. Tinggal di negara agraris seperti Indonesia merupakan anugerah tersendiri. Kita bisa memanfaatkan tanah yang subur ini demi kebermanfaatan bersama. Mari para generasi millenial untuk memanfaatkan peluang untuk menjadi roda penggerak pertanian Indonesia.

 
Lebih baru Lebih lama