Ad Blocker Detected

Turn off your Ad Blocker to access this site.

Pengertian Apa itu Hosting, Fungsi, dan Jenis Layanannya

Pengertian Apa itu Hosting, Fungsi, dan Jenis Layanannya

Pengertian Hosting - Di Indonesia pertumbuhan internet sangatlah pesat, diperkirakan sudah ada 80 juta pengguna internet aktif saat ini. Muncul kesempatan untuk menciptakan peluang penggunaan website sebagai media bisnis. Terdapat berbagai perusahaan yang menyewakan layanan hosting website untuk para pelaku bisnis.

Setiap segmen bisnis ada kebutuhan hosting yang harus disesuaikan. Ternyata ada definisi, fungsi, dan jenis-jenis layanan yang terdapat pada sebuah hosting. Bagi kalian yang ingin memulai bisnis, pastikan untuk mengetahuinya agar tidak mengalami kerugian. Disini admin akan membahas pengertian hosting hingga layanannya.




Pengertian Hosting Adalah:

Pengertian Apa itu Hosting, Fungsi, dan Jenis Layanannya
Foto: layerhost.com

Hosting adalah tempat penyimpanan data yang dibutuhkan website dimana didalamnya terdapat kapasitas penyimpanan untuk mengelola file supaya bisa ditampilkan di internet. Jenis file yang tersimpan didalam hosting bisa berupa gambar, video, text, aplikasi, dan sebagainya. Memungkinkan untuk tiap individu atau organisasi bisa memasarkan layanan jasa atau produk di Internet.

Hosting juga memiliki arti layanan berbasis internet sebagai tempat penyimpanan data atau tempat menjalankan aplikasi secara terpusat di satu tempat yang disebut dengan server. Server ini bertugas aktif selama 24 jam supaya dapat selalu diakses melalui jaringan internet.




Fungsi Hosting:

1. Membuat Website (Pribadi atau Organisasi)

Fungsi utama dan paling umum hosting adalah digunakan untuk membuat halaman website. Pada dasarnya, semua website di internet pasti memiliki hosting supaya bisa diakses. Disini kita dapat menyimpan berbagai jenis konten mulai dari teks, gambar, video, dan database.

Website bisa diibaratkan sebuah bangunan rumah yang punya desain indah. Sedangkan hosting diibaratkan sebagai tanah yang menampung bangunan rumah (website) tersebut. Untuk mengakses konten yang ada didalam website, kita perlu menggunakan domain sebagai penunjuk alamatnya.


2. Membuat Email dengan Nama Pribadi/Perusahaan

Selain tempat penyimpanan website, hosting juga bisa difungsikan untuk membuat email dengan nama sendiri atau perusahaan. Biasanya, saat pembelian hosting sudah satu paket dengan domain. Nah, disini kita bisa membuat email dengan nama domain sendiri supaya terlihat lebih profesional. 

Misal email lama masih menggunakan provider gratis contohnya nama_kamu@yahoo.com, akan lebih terlihat profesional bila custom menjadi nama@masodee.com yaitu dengan domain sendiri.


3. Menjaga Website Agar Selalu Online

Fungsi hosting yang lain adalah menjaga website agar selalu online 24 jam. Tempat penyimpanan aplikasi CMS dan file website tadi bernama server. Jadi selama kita menyewa hosting di suatu penyedia layanan, website kita akan tetap online selama penyedia layanan hosting tersebut tidak berhenti atau down. Adapun jenis aplikasi CMS yang umum digunakan adalah WordPress, Joomla, Magento, dan Drupal.




Jenis-jenis Layanan pada Hosting:

Pengertian Apa itu Hosting, Fungsi, dan Jenis Layanannya

1. Shared Hosting

Shared Hosting adalah layanan untuk menggunakan server hosting bersama-sama dengan pengguna lain atau satu server dipergunakan oleh lebih dari satu nama domain. Artinya dalam satu server tersebut terdapat beberapa akun yang dibedakan antara satu akun dan lainnya dengan username dan password yang berbeda-beda. Kelebihannya yaitu harga yang terjangkau untuk blog atau website sederhana.


2. Virtual Private Server (VPS) Hosting

Virtual Private Server merupakan sebuah server yang dibagi-bagi menjadi beberapa virtual mesin, jadi dalam satu komputer server terdapat beberapa sistem operasi. Namun, secara kepemilikan tiap sistem operasi satu dengan yang lainnya berbeda-beda. Memang harganya lebih mahal dari shared hosting, namun disini kita bisa lebih leluasa dan mampu melayani trafik tinggi.


3. Cloud Hosting

Cloud Hosting adalah layanan dimana data yang dihosting akan diduplikasi lalu disimpan di fasilitas server lain. Jadi, misal salah satu server tidak bisa diakses karena ada gangguan teknis, sedang perawatan, atau down, server lain masih bisa melayani website kalian supaya tetap online. Layanan ini tergolong baru dan mulai banyak yang menggunakannya karena punya fitur yang canggih.


4. Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah layanan hosting dengan server yang hanya digunakan khusus satu pengguna saja. Biasanya layanan ini digunakan oleh pelaku bisnis yang memiliki trafik tinggi seperti web e-commerce. Keuntungan dari layanan ini adalah mendapatkan ruang yang luas dan bebas untuk digunakan.




Akhir Kata

Itulah pembahasan mengenai apa itu hosting, fungsinya, dan jenis layanan yang ada didalamnya. Sebelum menyewa hosting pastikan untuk memilih provider yang tepat. Jangan sampai bisnis atau web kalian tidak lancar karena provider yang kurang profesional. Bila ada rekomendasi layanan hosting terbaik silakan tulis di kolom komentar dibawah yaa.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama