Inilah Arti Kode Huruf Terakhir Pada Prosesor Intel

Inilah Arti Kode Huruf Terakhir Pada Prosesor Intel

Kode Prosesor Intel - Intel Corporation adalah perusahaan yang memproduksi prosesor untuk sebagian besar komputer pribadi (PC) dan laptop. Bermarkas di kantor pusat di Santa Clara, California, di Silicon Valley, Amerika Serikat. Intel juga menjadi pemasok mikroprosesor utama produsen komputer seperti Lenovo, HP, Dell dan masih banyak lagi.

Terdapat kode khusus berupa huruf yang tertera pada setiap seri prosesornya. Bagi kalian yang ingin membeli laptop baru, pastikan sudah mengetahui arti serta macam-macam kodenya. Tenang, disini admin akan membahas arti dan penjelasan kode huruf terakhir yang terdapat pada prosesor Intel.




Apa Arti dari Kode Huruf Terakhir Prosesor Intel?

Inilah Arti Kode Huruf Terakhir Pada Prosesor Intel
Foto: intel.co.id

Jadi, arti kode yang terdapat pada akhiran prosesor Intel bertujuan untuk menandakan tingkat performa suatu prosesor. Huruf yang tertera di ujung seri prosesor Intel dikenal sebagai “Suffix”.  Perusahaan Intel memang mengeluarkan berbagai seri supaya pengguna bisa menjalani produktivitas sesuai kebutuhan.




Macam-macam Sufiks/Kode Huruf Prosesor Intel:


1. U

Prosesor Intel dengan akhiran U memiliki arti “Ultra Low Power” atau memiliki efisiensi daya yang tinggi. Biasanya terpasang pada laptop entry level dengan harga yang terjangkau, sebagai contoh seri prosesor yang sering kita temui yaitu Intel Core i5-8250U.


2. H

Prosesor Intel dengan akhiran H memiliki arti “High Performance” serta merupakan seri prosesor canggih untuk laptop terutama laptop gaming. Bagi kalian para gamers yang ingin membeli laptop pastikan prosesornya berakhiran huruf ini, untuk seri terbarunya adalah Intel Core i7-12700H.


3. HQ

Prosesor Intel dengan akhiran HQ memiliki arti “High Performance Quad Core”, adalah seri performa tinggi dengan empat inti prosesor. Biasanya hanya terdapat pada edisi Core i5 dan i7 saja serta banyak terpasang pada laptop/ultrabook.


4. K

Prosesor Intel dengan akhiran K memiliki arti “Unlocked” atau kecepatan prosesornya bisa di overclocking. Hal ini memungkinkan penggunanya untuk mencapai potensi performa CPU melampaui spesifikasi yang dimiliknya.


5. F

Prosesor Intel dengan akhiran F memiliki arti “Requires discrete graphics”, artinya khusus seri ini pengguna wajib memasangkan kartu grafis (VGA) tambahan seperti AMD RX atau Nvidia dikarenakan seri ini tidak memiliki grafis terintegrasi.


6. G1-G7

Prosesor Intel berakhiran G menandakan CPU ada grafis terintegrasi tambahan. Kartu grafis bawaan dari Intel bernama Intel Iris Xe sudah menjadi satu khusus di seri ini. Sebagai contoh yang sering ditemui di pasaran adalah Intel Core i5-1140G7.


7. X/XE

Prosesor Intel dengan akhiran X/XE artinya “Extreme Edition”, menunjukkan bahwa prosesor tersebut adalah seri high end atau paling tinggi. Prosesor ini juga bisa di-unlocked, serta dirancang untuk kreator konten tingkat lanjut yang membutuhkan performa tinggi. 

Prosesor X/XE memiliki jumlah inti (Core) yang paling banyak dibanding seri-seri lainnya. Khusus seri ini, hanya terdapat pada produk Core i9 dan seri terbarunya adalah Intel Core i9-10900X dan i9-10980XE.




Kesimpulan

Banyak yang bertanya, seri manakah yang paling bagus? Tentunya tidak bisa semerta-merta langsung menunjuk bahwa salah satunya yang paling bagus. Jika sobat ingin memiliki laptop dengan baterai tahan lama dan hemat budget, sangat disarankan membeli yang seri U.

Namun, bila sobat adalah gamers semi profesional bisa membeli yang seri H. Tak sedikit orang yang memilih Intel karena terkenal ideal untuk mengelola 3D, editing video, editing foto, dan bermain game, serta menikmati tampilan 4K.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
.