Tips Buat Kamu yang Ingin Hemat di Sepanjang Tahun

Tips Buat Kamu yang Ingin Hemat di Sepanjang Tahun

Biar Hemat Sepanjang Tahun - Setiap tahun baru setiap orang pasti memiliki resolusi sendiri-sendiri. Yap, akan banyak sekali resolusi yang akan dilakukan untuk menjadi lebih baik di tahun yang baru, terutama resolusi hemat dan lebih bijak dalam mengatur keuangan baik pemasukan maupun pengeluaran.

Berikut ini adalah Tips Buat Kamu yang Ingin Hemat di Sepanjang Tahun. 

 

1. Sisakan Rp10.000 - Rp50.000 setiap minggu. Pada akhir tahun kamu akan punya tabungan lebih dari Rp2.000.000 sob!

Tips Hemat di Sepanjang Tahun
pic by google images

Jika kita asumsikan satu tahun adalah 52 minggu, lalu kita sisakan uang Rp40.000 per minggunya. Maka jika dikalikan akan menjadi Rp2.080.000, lumayan kan buat biaya resepsi nanti (oopss). 



2. Coba lakukan Challenges untukmu sendiri di setiap bulan. Seperti tidak nongkrong di kafe A dan B atau tidak nonton dulu tapi nunggu versi gratisnya keluar, hehehe. 

Tips Hemat di Sepanjang Tahun
pic by beritahati.com

Jangan sungkan untuk ngadain tantangan untuk dirimu sendiri gan. Seperti kata iklan Counterpain, "No pain, No gain". Lakukan tantangan juga seperti meminimalisir laundry agar tidak keluar uang terus-menerus. 



3. Buat bekal makanan, camilan, atau kopi untukmu sendiri agar tidak terus beli diluar. 

Tips Hemat di Sepanjang Tahun
pic by masakapahariini.com

Bikin bekal sendiri minimal 2 hari/minggu lumayan buat menghemat pengeluaranmu. Untuk para lelaki yang suka kopi bisa tuh bikin bekal minuman kopi pakai botol tumbler.



4. Hindari kebiasaan membayar via kartu kredit, biasakan membayar dengan uang tunai.

Tips Hemat di Sepanjang Tahun
pic by PCmag.com

Dengan bertransaksi menggunakan uang tunai, kamu bisa tahu berapa uang yang kamu keluarkan untuk kebutuhanmu. Jika ada kembalian berupa uang receh, lumayan kan buat disimpan di tabungan.



5. Cari toko grosir dengan harga termurah untuk belanja bulanan sobat.

Tips Hemat di Sepanjang Tahun
pic by PhotoMalang.com

Posisikan dirimu sebagai pedagang sob, dimana kita dapat membeli barang dagangan dengan harga grosir yang paling murah. Tapi ini untuk kebutuhan kita ya.



6. Buatlah rekening tabungan di bank lain, dan berikan dirimu akses yang terbatas. 

Tips Hemat di Sepanjang Tahun
pic by kuningancity.com

Buat dua akun rekening dengan bank yang berbeda. Seumpama nih bank A untuk jajan, bank B khusus tabungan. Untuk bank B, kalau bisa kartu ATMnya tidak usah ikut dibawa jalan-jalan, simpan saja di lemari dan kunci yang rapat (atau kalau bisa tidak usah buat kartu ATM). Cukup rekening A yang buat jalan-jalan. Coba bayangkan, jika uang tabungan dan uang jajan dijadikan satu. 



7. Barang impianmu kena diskon, kenapa tidak!? 

Tips Hemat di Sepanjang Tahun
pic by standard.co.uk

Dengan catatan jika barang impianmu baru rilis jangan kamu beli dulu ya, cobalah bersabar dengan menunggu promo seperti promo lebaran, akhir tahun, ataupun harbolnas. Jika bisa dikirim melalui jasa pengiriman dan ada promo gratis ongkir, jangan sia-siakan kesempatan itu. Kalau barang impianmu habis diborong orang, Mohon bersabar ini ujian :).



8. Cobalah install aplikasi manajemen keuangan di smartphonemu.

Tips Hemat di Sepanjang Tahun
pic by jurnalapps.co.id

Manfaatkan kecanggihan teknologi sebaik mungkin untuk mempermudah kita dalam mengatur keuangan. Tak perlu repot lagi untuk melakukan pembukuan secara manual.

Well, itu tadi 8 Tips Buat Kamu yang Ingin Hemat Sepanjang Tahun. Tak sabar untuk mencobanya?

 
Lebih baru Lebih lama