Situs web Alexa.com Ditutup Mei 2022, Apa Penyebabnya?

Situs web Alexa.com Ditutup Mei 2022, Apa Penyebabnya?

Penyebab Alexa.com Tutup - Kabar mengejutkan datang dari Alexa.com yang tiba-tiba akan menutup secara resmi layanannya per 1 Mei 2022. Pengumuman tersebut terungkap dalam sebuah laman resmi di artikel Alexa.com.




Apa Itu Situs Web Alexa.com?

Alexa Internet, Inc. adalah sebuah situs pemeringkat website sekaligus anak perusahaan dari Amazon.com. Layanan utama dari Alexa adalah menyediakan tools untuk memonitor trafik web. Selain itu, mereka juga menyediakan fitur-fitur lain untuk riset konten, analisis kompetitor, riset kata kunci, dan sebagainya.




Apa Penyebab Alexa.com Ditutup?

Situs web Alexa.com Ditutup Mei 2022, Apa Penyebabnya?

Setelah 25 tahun beroperasi untuk memberikan layanan monitoring statistik website, setidaknya ada beberapa penyebab mengapa Alexa ditutup:


1. Kehilangan Daya Tarik

Perkembangan dunia digital membuat Alexa kehilangan daya tarik bahkan menjadi tidak populer. Hal ini disebabkan karena banyak perusahaan rintisan dan digital marketer baru yang merasa kurang jika hanya menggunakan metrik dari Alexa.


2. Parameter Sudah Tidak Relevan

Salah satu parameter yang digunakan untuk mengukur popularitas sebuah website adalah 'Alexa Rank'. Parameter ini diduga sudah tidak relevan lagi karena hadirnya parameter baru yang lebih relevan dan dinamis seperti domain authority, page authority, dan spam score.


3. Munculnya Kompetitor Baru

Inilah penyebab utama mengapa Alexa ditutup, yaitu mulai bermunculan kompetitor-kompetitor kuat baru. Tidak seperti 25 tahun kebelakang dimana metrik Alexa menjadi rujukan nomer satu para pengembang situs di dunia. Kali ini harus menghadapi kenyataan bahwa Alexa harus tumbang oleh kompetitor baru yang lebih muda.




Situs Pemeringkat Website Alternatif Alexa.com

Bagi kalian para developer yang ingin memonitor performa website, inilah 5 situs pemeringkat website alternatif:

  1. Similarweb.com
  2. Semrush.com
  3. Ahrefs.com
  4. Moz.com
  5. Comscore.com



Kesimpulan

Itulah sederet pembahasan mengapa Alexa.com terpaksa 'dimatikan'. Munculnya kompetitor jangan jadikan sebagai momok yang harus ditakutkan. Ada hal positif yang bisa dapatkan dari keberadaan para kompetitor. Bagaimana menurut kalian? Jangan lupa tinggalkan komentar dan bagikan artikel ini yaa, semoga bermanfaat.

 
Lebih baru Lebih lama