Terungkap! Inilah Alasan Mengapa Tidak Ada Windows 9

Terungkap! Inilah Alasan Mengapa Tidak Ada Windows 9

Kenapa Tidak Ada Windows 9 - Windows 10 yang dirilis pada 29 Juli 2015 telah menjadi salah satu OS yang populer. Merupakan versi upgrade dari Windows 8 yang pada saat itu menuai banyak keluhan dari penggunanya.

Timbul pertanyaan kenapa tidak ada Windows 9 dan langsung lompat ke Windows 10. Tidak seperti brand besar lain yang menggunakan angka 9 di produknya. Tenang, disini admin akan mengupas tuntas alasan kenapa tidak ada versi Windows 9.




Alasan Utama Mengapa Tidak ada Windows 9

Terungkap! Inilah Alasan Mengapa Tidak Ada Windows 9
Foto: news.microsoft.com

Alasan mengapa pihak Microsoft meloncati Windows 9 adalah karena dulu mereka sudah pernah menggunakan angka 9 di produknya yaitu, Windows 95 dan Windows 98. Sistem operasi tersebut secara umum juga disebut Windows 9x. Jadi demi menghindari kerancuan, Windows sepakat memilih meloncat dari Windows 8 langsung ke Windows 10.

Adapun alasan lainnya adalah Windows 8 sebenarnya sudah berubah menjadi Windows 9 selama masa update yang diberikan. Yaitu, Windows 8.1 yang menjadi perbaikan dari Windows 8 karena banyak menuai protes.




Windows 9 di 'Skip' Karena Faktor Keamanan

Masih Jadi Misteri, Mengapa Tidak Ada Windows 9?
Foto: news.microsoft.com

Seorang developer Microsoft juga pernah menjelaskan, bahwa pemilihan angka 9 akan mengganggu proses identifikasi sistem operasi. Menurutnya, kode yang digunakan untuk mengidentifikasi Windows seperti ini:

if(version.StartsWith("Windows 9"))
{
/*95 and 98 */
}
else
{
}code-box

Dengan kata lain, jika versi yang ditulis adalah Windows 9 maka aplikasi tersebut akan menganggap versi Windows pengguna adalah Windows 95 atau Windows 98. Dimana, versi tersebut sudah discontinued (dihentikan) puluhan tahun yang lalu.

Bila nama Windows 9 tetap digunakan, efeknya akan berbahaya dan berpotensi menimbulkan kendala kompatibilitas. Solusinya adalah dengan melompati Windows 9 dan langsung menggunakan Windows 10.




Penutup

Jadi, Windows 10 tidak dibuat berdasarkan Windows 8 dan 8.1. Dimana Windows 10 akan menjadi sistem operasi yang benar-benar baru. Pihak Microsoft memang berencana membuat sebuah ekosistem yang bisa menyatukan berbagai devices, mulai dari tablet, ponsel cerdas, PC, dan Xbox. Bagaimana menurut kalian? Jangan lupa tinggalkan komentar dan bagikan artikel yaa, semoga bermanfaat.

 
Lebih baru Lebih lama