Tips Merawat Hard Disk Eksternal Supaya Tahan Lama

Tips Merawat Hardisk Eksternal Supaya Tahan Lama

Merawat HDD Eksternal - Hard disk eksternal adalah alat penyimpanan portable yang bisa dibawa kemana saja. Memiliki kapasitas besar dan bisa digunakan kapan saja dengan menguhubungkannya ke laptop/PC menggunakan kabel USB. Biasanya, hardisk ekstenal ini digunakan sebagai perangkat tambahan.

Lama usia atau umur penggunaan hard disk eksternal dengan frekuensi normal bisa sampai 5 - 8 tahun. Sedangkan jika frekuensi penggunaan berat usia hard disk eksternal hanya bertahan berkisar 3 - 5 tahun saja.

Hard disk terdiri dari komponen mekanik dan piringan sebagai tempat penyimpanan data. Oleh karena itu, hard disk eksternal termasuk komponen yang mudah rusak. Jangan khawatir, disini admin akan berbagi mengenai tips dan cara merawat hardisk eksternal supaya awet.




5 Cara Merawat Hard Disk Eksternal Biar Tahan Lama:


1. Menghindari Goncangan dan Benturan Keras

Tips Merawat Hardisk Eksternal Supaya Tahan Lama

Hal yang paling dasar dalam merawat external hardisk ialah jangan sampai terkena goncangan dan benturan keras. Hal ini dikarenakan komponen hardisk yang terbuat dari piringan untuk menyimpan data. Sangat disarankan untuk menggunakan case pelindung demi meminimalisir guncangan dan benturan.



2. Meletakkan di Tempat yang Datar

Tips Merawat Hardisk Eksternal Supaya Tahan Lama

Karena terbuat dari piringan, perlu untuk meletakkannya di tempat yang datar. Supaya komponen didalamnya tidak berubah-ubah posisinya. Hal itu dikhawatirkan akan membuat piringan tergores dan merusak data yang tersimpan.



3. Tidak Memasang dalam Keadaan Terbalik

Tips Merawat Hardisk Eksternal Supaya Tahan Lama

Saat dihubungkan di laptop/PC, pastikan posisi hardisk eksternal dalam posisi yang benar. Menghubungkannya dalam keadaan terbalik akan membuat perputaran piringan menjadi tidak stabil. Sehingga, bisa membuat data yang tersimpan menjadi korup.



4. Menjauhkan dari Benda yang Bersifat Magnetik

Tips Merawat Hardisk Eksternal Supaya Tahan Lama

Benda yang bersifat magnetik dapat merusak komponen mekanik yang berada didalam hardisk eksternal. Hal ini dikarenakan adanya gerakan tarik menarik di antara komponen mekanik. Sehingga, akan cepat merusak komponen dan data didalamnya.




5. Melakukan Pencabutan dengan Safely Remove Hardware

Tips Merawat Hardisk Eksternal Supaya Tahan Lama

Hal sederhana untuk merawat hardisk eksternal adalah mencabutnya menggunakan opsi "Safely Remove Hardware" atau "Eject". Opsi ini memastikan bahwa proses transfer data sudah selesai. Artinya, dengan menggunakan Safely Remove Hardware akan meminimalisir kerusakan data.




Akhir Kata

Itu tadi lima cara untuk merawat hardisk eksternal kesayangan kalian. Memang, banyak orang sekarang yang membelinya karena harga sudah relatif terjangkau. Maka dari itu, perlu melakukan perawatan supaya tidak cepat rusak dan menghemat pengeluaran. Bagaimana menurut kalian? Jangan lupa tinggalkan komentar dan bagikan artikel ini bila bermanfaat agar tidak berhenti di kamu.

 
Lebih baru Lebih lama