Cara Mengetahui Kecepatan RAM di Laptop Windows

Cara Mengetahui Kecepatan RAM di Laptop Windows

Melihat Kecepatan RAM - Setiap komputer atau laptop pasti sudah dibekali sebuah RAM (Random Access Memory). RAM merupakan komponen perangkat keras yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan proses sementara pada saat aplikasi dijalankan. Dengan kata lain, RAM sepertihalnya wadah supaya proses perintah maupun aplikasi yang kita jalankan disimpan disini. Didalamnya ada beberapa parameter yang wajib kita ketahui, salah satunya adalah kecepatan (speed). 

Kecepatannya bervariasi, tergantung dari jenis RAM itu sendiri. Satuan kecepatan RAM biasa disebut MHz (megahertz), pada umumnya juga terbaca sebagai frekuensi. Mengetahui kecepatan RAM juga penting untuk kebutuhan upgrade. Namun, tak sedikit pula orang yang masih belum mengetahui bagaimana memeriksa kecepatan RAM di laptop atau komputer. Tenang, disini admin akan berbagi tutorial dan langkah cara mengetahui kecepatan RAM khususnya di Windows 10 tanpa perlu membongkar laptop.




3 Cara mengecek kecepatan RAM di Windows:


1. Melalui CMD (Command Prompt)

Cara Mengetahui Kecepatan RAM di Laptop Windows

Di cara yang pertama kali ini kita akan melihat kecepatan RAM tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga. Karena setiap laptop khususnya Windows pasti sudah dibekali aplikasi command prompt untuk mengeksekusi berbagai proses. 

Cara mengetahui kecepatan RAM melalui CMD:

  1. Klik start dan ketik CMD lalu buka.
  2. Ketik perintah berikut: wmic memorycip get speed
  3. Tekan enter.
  4. Muncul tampilan informasi kecepatan RAM.


2. Melalui aplikasi Task Manager

Cara Mengetahui Kecepatan RAM di Laptop Windows

Lalu, pada cara yang kedua kali ini masih tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga. Disini akan menggunakan aplikasi bawaan bernama Task Manager. Sangat mudah sekali, karena sudah tersedia di sistem operasi Windows.

Cara mengetahui kecepatan RAM di Task Manager:

  1. Klik start.
  2. Ketik Task Manager lalu open.
  3. Pilih menu performance - klik bagian memory.
  4. Informasi speed tepat pada bagian bawah grafik.


3. Melalui aplikasi CPU-Z

Cara Mengetahui Kecepatan RAM di Laptop Windows

Di cara yang ketiga ini kita perlu menginstall aplikasi bernama CPU-Z. Aplikasi ini gratis dan memiliki fitur yang lumayan lengkap. Mulai dari kecepatan, jenis, hingga merek RAM itu sendiri.

Cara mengetahui kecepatan RAM di CPU-Z:

  1. Unduh aplikasi di cpuid.com.
  2. Install aplikasi lalu buka.
  3. Klik bagian menu SPD.
  4. Akan terlihat tampilan informasi kecepatan RAM.



Kesimpulan

Baiklah itulah tadi langkah dan cara memeriksa kecepatan RAM di laptop maupun komputer kalian. Mengetahui kecepatan RAM penting bila kalian akan melakukan upgrade dan menambahkan slot yang kosong. Dengan mengetahuinya, akan meminimalisir kesalahan disaat pembelian RAM. Bagaimana menurut kalian? Jangan lupa tinggalkan komentar dan bagikan artikel ini bila bermanfaat agar tidak berhenti di kamu.

 
Lebih baru Lebih lama