Catat, Inilah 7 Cara Mengecas HP yang Benar dan Aman!

7 Cara Mengecas HP yang Benar dan Aman

Mengecas Handphone - Baterai bisa diibaratkan energi yang dibutuhkan pada manusia. Begitu juga dengan apa yang terdapat pada HP, dibutuhkan energi baterai untuk bisa digunakan. Tanpa baterai, ponsel akan seperti benda mati.

Baterai menyimpan daya listrik sebagai 'nyawa' agar tetap hidup. Karena fungsinya yang sangat penting, beberapa orang kurang memperhatikannya. Salah satu hal yang kurang diperhatikan adalah bagaimana cara mengecas HP  dengan benar dan aman.

Namun jangan khawatir dulu, disini admin akan membagikan 7 cara mengecas baterai HP kalian dengan benar, aman, dan cepat supaya awet serta tidak mudah bocor.




Berkut ini 7 Cara Ngecas HP yang Benar dan Aman:

1. Menggunakan Charger Bawaan atau Orisinil

Cara Mengecas HP yang Benar dan Aman

Menggunakan charger asli bawaan/orisinil dari pabrik akan membuat baterai awet. Hal ini dikarenakan charger asli yang sudah diatur arusnya, sehingga sesuai dengan kapasitas baterai HP masing-masing.



2. Mengecas di Tempat yang Sejuk

Cara Mengecas HP yang Benar dan Aman

Mengecas HP di tempat yang sejuk dan terhindar dari terik panas matahari. Karena baterai yang merupakan bahan elektronik, sehingga renatn rusak bila terkena suhu yang melebihi batasnya.



3. Menggunakan Baterai Orisinil

Cara Mengecas HP yang Benar dan Aman

Baterai orisinil yang sudah diatur kapasitasnya supaya HP yang digunakan menjadi awet dan sesuai standar. Adapun bila menggunakan baterai KW akan memperparah kerusakan, hal ini dikarenakan komponen yang tidak sesuai standar.



4. Mematikan HP Saat Ngecas

Cara Mengecas HP yang Benar dan Aman

Mematikan HP saat mengecas sudah menjadi rekomendasi untuk para pengguna. Karena saat HP dalam kondisi mati listrik yang masuk kedalam baterai lebih stabil, selain itu mengecas akan menjadi lebih cepat.



5. Menghindari Ngecas di Laptop/PC

Cara Mengecas HP yang Benar dan Aman

Mengecas di port USB Laptop/PC tidak disarankan karena daya yang masuk ke baterai HP hanya 0,5 A saja. Sehingga, membutuhkan waktu pengisian yang sangat lama.



6. Menghindari Ngecas dengan Powerbank

Cara Mengecas HP yang Benar dan Aman

Pada dasarnya powerbank hanya digunakan untuk keperluan mendesak dan saat di perjalanan saja. Bila menggunakan powerbank terus menerus akan mempercepat berpotensi mengurangi usia baterai HP kalian.



7. Menurunkan Kecerahan Layar

Cara Mengecas HP yang Benar dan Aman

Menurunkan kecerahan layar pada HP kalian akan menurunkan konsumsi daya baterai. Sehingga, pengisian baterai akan menjadi lebih stabil serta cepat. Adapun rekomendasi lainnya yaitu menggunakan mode pesawat/airplane dan mematikan paket data.




Akhir Kata

Itulah tadi 7 cara mengecas/mengisi daya baterai HP yang benar dan aman. Merawat baterai dengan menggunakan cara diatas akan memperpanjang usia baterai HP, karena bila terjadi kerusakan ongkos perbaikan yang dikeluarkan tidaklah murah. Bagaimana menurut kalian? Jangan lupa tinggalkan komentar dan share artikel ini bila bermanfaat agar tidak berhenti di kamu.

 
Lebih baru Lebih lama