5 Cara Jitu Merawat Laptop Gaming Biar Super Awet

Cara merawat laptop gaming, asus rog, hp omen, msi

Merawat Laptop Gaming - Industri game hingga saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Mulai dari game konsol, PC, laptop hingga merambah ke perangkat mobile. Adapun game yang sering kita jumpai adalah FIFA, PES, Dota 2, dan masih banyak lagi.

Beberapa dari permainan/game tersebut ada yang hanya bisa dimainkan di laptop. Sehingga, banyak sekali produsen laptop saat ini yang memproduksi gaming laptop. Bagi kalian para gamer yang memiliki laptop gaming tentunya bisa memainkan berbagai jenis game yang ada di konsol dan PC.

Memiliki laptop gaming awet akan meminimalisir pengeluaran akibat kerusakan komponen dan bisa bermain dengan nyaman. Berikut admin akan berbagi cara merawat laptop gaming supaya bisa super awet.




5 Langkah Merawat Laptop Gaming Agar Awet:

1. Menggunakan Kipas Pendingin Eksternal

Cara Jitu Merawat Laptop Gaming

Meningkatnya suhu laptop yang terlalu panas akan berdampak pada hardware maupun komponen laptop itu sendiri. Istilah laptop saat mengalami kelebihan panas adalah overheat dan komponen yang paling terkena dampanya ialah CPU dan kartu grafis.

Sebenarnya, sudah dibekali dengan kipas pendingin internal laptop yang cukup. Tapi, alangkah baiknya selalu menggunakan kipas pendingin eksternal agar laptop awet



2. Memakai Mouse/Keyboard Eksternal

Cara Jitu Merawat Laptop Gaming

Bermain dengan mouse/keyboard eksternal bisa meminimalisir kerusakan keyboard bawaan laptop gaming yang beberapa diantaranya rentan rusak.

Sebab, ada beberapa game yang membutuhkan ketikan yang cepat dan relatif keras pada keyboard.



3. Mengontrol Durasi Waktu Bermain

Cara Jitu Merawat Laptop Gaming

Meski kebanyakan gaming laptop mempunyai spesifikasi yang cukup tinggi, kalian perlu menjaga durasi waktu bermain supaya komponen didalam laptop terutama baterai dapat beristirahat.

Karena setinggi-tingginya spesifikasi dan kualitas suatu gaming laptop bila menggunakannya secara berlebihan akan memperpendek usia laptop tersebut.



4. Membersihkan Komponen Secara Berkala

Cara Jitu Merawat Laptop Gaming

Membersihkan keyboard, layar, dan seluruh laptop dari debu menggunakan lap setengah basah supaya partikel yang menempel tadi tidak berkembang menjadi jamur.

Mengganti pasta CPU dan membersihkan kipas laptop secara berkala akan menambah harapan usia laptop gaming kamu.



5. Menggunakan Daya Listrik yang Stabil

Cara Jitu Merawat Laptop Gaming

Masukan daya listrik yang stabil dengan menggunakan charger bawaan orisinil membuat komponen elektrik yang berada di bagian dalam laptop tetap sehat.

Sebab, bila listrik yang masuk tidak stabil akan membuat hardware mengalami konsleting dan terkadang terbakar. Bisa menguras isi dompet karena biaya servis yang tidak murah.




Penutup

Langkah-langkah diatas merupakan langkah yang bisa kalian praktikkan saat merawat laptop gaming. Bila temen-temen disini memiliki tambahan khusus tentang perawatan laptop gaming, bisa kalian tambahkan di kolom komentar yaa. Bagaimana menurut kalian? Jangan lupa tinggalkan komentar dan share artikel ini bila bermanfaat agar tidak berhenti di kamu.

 
Lebih baru Lebih lama