Perbedaan NFC dan Bluetooth yang Wajib Diketahui

Perbedaan NFC dan Bluetooth yang Wajib Diketahui
NFC vs Bluetooth
- Hari ini, kita sudah terbiasa dengan aktivitas tanpa kabel hingga tidak menyadarinya. Komunikasi jarak jauh hingga jarak dekat merupakan aktivitas tanpa kabel sehingga dapat terhubung dengan orang lain secara cepat. Kebanyakan orang sekarang memiliki smartphone yang didalamnya terdapat teknologi komunikasi tanpa kabel seperti NFC dan bluetooth,


Pengertian NFC

NFC atau "Near Field Communication" merupakan pengembangan dari teknologi RFID (Radio Frequency ID) yang pertama kali dipatenkan oleh Charles Walton pada tahun 1983. Salah satu teknologi wireless jarak dekat yang memungkinkan interaksi perangkat elektronik secara dua arah dengan aman dan praktis.
 
Mendukung transaksi pembayaran digital secara contactless seperti yang terdapat pada perangkat aplikasi android maupun iOS yaitu Samsung Pay, LinkAja, dan Apple Pay. Dapat pula digunakan sebagai alat pembayaran di jalan tol (e-Toll).


Pengertian Bluetooth

Bluetooth merupakan teknologi yang berfungsi sebagai penghubung antara dua perangkat elektronik secara nirkabel (wireless). Dikembangkan pertama kali oleh 5 perusahaan besar yaitu,  Ericsson, IBM, Intel, Nokia dan Toshiba. Lalu, diluncurkan pada bulan Juli tahun 1999 dengan bluetooth versi 1.0.

Mampu menyediakan pertukaran data dan suara, serta memungkinkan untuk melakukan komunikasi voice secara real-time dengan jarak tertentu.


Perbedaan NFC dan Bluetooth?

Secara luas digunakan oleh banyak kalangan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari untuk menambah produktivitas. Lalu, apa saja perbedaanya? Simak dibawah ini:
 

1. Jarak

  • NFC, terhubung dengan jarak kurang dari 20 cm
  • Bluetooth, secara teori dapat terhubung pada jarak hingga 3 meter.
 

2. Kecepatan

  • NFC, membutuhkan waktu setup koneksi kurang dari 0,1 detik.
  • Bluetooth, membutuhkan proses pairing dengan estimasi waktu lebih dari 6 detik.

3. Frekuensi

  • NFC, bekerja pada frekuensi rendah 13,56 MHz.
  • Bluetooth, bekerja pada frekuensi tinggi 2,4 GHz.
 

4. Kapasitas Transfer

  • NFC, hanya dapat mentransfer data dengan kapasitas rendah (satuan kilobytes), karena diperlukan untuk transaksi/pembayaran, dan otorisasi.
  • Bluetooth, dapat mentransfer data dengan kapasitas tinggi seperti pemindahan file dan suara (satuan megabytes).

Adapun kegunaan lain dari masing-masing teknologi diatas yaitu, NFC juga berfungsi sebagai penunjuk harga barang yang biasanya terdapat pada toko-toko retail, sedangkan bluetooth umumnya berfungsi sebagai alat hubung seperti mouse, keyboard, dan headphone.


Kesimpulan

Dari penjabaran diatas tentunya terdapat kelebihan dan kekurangannya. Perlu digaris bawahi pula penggunaan NFC dan bluetooth juga tergantung pada kebutuhan setiap individu. Tapi, menurut mimin kedua teknologi diatas sangat bermanfaat untuk memudahkan kita di kehidupan sehari-hari. Bagaimana menurut kalian?

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama