Ingin Membeli HP Bekas? Baca Ini Dulu

Tips Beli HP Bekas

Tips Beli HP Bekas - Ada kalanya HP yang kita miliki saat ini menjadi lemot dan sering error karena usia penggunaan yang cukup lama. Ada pula kondisi HP kita selain itu tadi adalah dari kamera buram, layar pecah, dan memori tidak cukup lagi menampung perangkat lunak yang kekinian. Akhirnya menuntut kira untuk mencari penggantinya. Tapi, ternyata budget kita terbatas dan ada kebutuhan lain.

Opsi membeli HP bekas adalah hal yang tepat. Sekarang banyak sekali penawaran-penawaran di toko online yang akhirnya kita harus berpikir lagi untuk membeli HP yang baru karena kondisi masih oke dan harga yang terpaut jauh.




Keuntungan membeli HP bekas:

  • Dapat harga lebih murah, selain itu kalo kita lagi hoki nih kadang dapet bonus case mahal dari penjual.
  • Bisa ganti lagi saat bosan, harga jual yang tidak terlalu jauh jadi bebas mau ganti lagi tanpa keluar duit banyak.
  • Membantu orang lain, terkadang orang yang menjual HPnya memang lagi butuh dana untuk kebutuhan lain.
  • Menambah relasi, tak sedikit orang yang akhirnya bisa menambah relasi seperti jadi toko rekomendasi untuk jual-beli HP bekas.

Namun, ada beberapa hal yang harus kita siapkan sebelum membeli HP bekas. Apa saja itu? Simak dibawah ini.




7 Hal yang perlu diperhatikan sebelum beli HP bekas:

1. Tentukan budget

Tips Beli HP Bekas

Hal pertama adalah tentukan budget kita. Ini dikarenakan agar bisa mencari HP incaran kita yang sesuai kebutuhan. Kemudian agar membatasi supaya sesuai dengan kemampuan isi kantong kita.



2. Utamakan mencari dalam satu wilayah

Tips Beli HP Bekas

Dengan melakukan pencarian satu wilayah, akan kita tahu langsung kondisi HP yang akan dibeli. Selain itu, akan menghemat waktu karena tidak ada waktu dan ongkos untuk pengiriman.



3. Utamakan garansi resmi

Tips Beli HP Bekas

Nah ini yang harus diperhatikan, dengan membeli yang resmi kita bisa konsultasi di outlet resminya bila terjadi sesuatu. Kalau bisa nih, semua komponen yang resmi yaa seperti charger,headset dan dusbuknya. Oh iya IMEI juga harus resmi dan terdaftar di Kemenperin ya.



4. Cari penggunaan dibawah 1 tahun

Tips Beli HP Bekas

Kemudian sambil cari-cari, disarankan cari yang penggunaan dibawah satu tahun. Karena agar mendapatkan peforma HP yang masih oke. (Kalau ini relatif sih, pilihan tiap orang yang berbeda-beda)



5. Ajak teman yang lebih berpengalaman

Tips Beli HP Bekas

Jangan lupa untuk bawa teman yang lebih tahu tentang dunia HP. Disini kalian akan terbantu saat mengecek kondisi Hp yang akan kalian beli, apakah masih layak atau tidak. Juga supaya tidak gampang dikibuli hehehe.



6. Wajib COD (Cash on delivery)!

Tips Beli HP Bekas

Cash on delivery adalah dimana transaksi berlangsung di suatu tempat yang sama antara pembeli dan penjual. Ini diwajibkan untuk meminimalisir penipuan karena kita bisa melihat langsung kondisi HP yang akan dibeli.



7. Nego harga

Tips Beli HP Bekas

Terakhir adalah bila kita sudah cocok dan udah mantap untuk membeli HP dari si penjual, jangan sungkan untuk nego harga sampai deal (asal jangan sadis ya). Namanya HP bekas pasti harganya jatuh nih, dapet harga dibawah budget kita kan lumayan bisa ada sisa hehehe.




Penutup

Uraian tadi adalah bagaimana tips untuk membeli HP bekas. Sepertinya sudah menjadi tren ya, karena banyak olshop yang berjualan berbagai tipe HP bekas. Semoga bisa membantu dan bila artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk share yaa.

 
Lebih baru Lebih lama