Perbedaan Jaringan 2G 3G dan 4G

Perbedaan Teknologi Jaringan Seluler 2G, 3G, dan 4G
Perbedaan Teknologi Jaringan Seluler 2G, 3G, dan 4G - Teknologi telekomunikasi telah mengalami perkembangan yang pesat. Perkembangannya telah kita rasakan saat ini. Dapat browsing serta bermain game online dimanapun kita berada adalah hasil dari perkembangan teknologi telekomunikasi.

Dari 1G hingga 4G adalah teknologi yang sering kita dengar. Huruf 'G' disini merupakan kepanjangan dari Generation atau Generasi. Jika hari ini kita telah menikmati smartphone 4G, maka perkembangan teknologinya sudah sampai generasi ke-4. Lalu, apa saja kah perbedaan dari teknologi jaringan 2G, 3G dan 4G?

Sebelum mengetahui perbedaannya, mari kita review sedikit dimulai dari generasi pertama atau 1G.

1. 1G

Adalah kepanjangan dari first generation, dimana teknologi ini merupakan perkembangan awal jaringan telekomunikasi seluler. Dimulai pada tahun 1970 hingga 1980-an. Pada dasarnya adalah sebuah sinyal radio ditransmisikan hingga dapat digunakan untuk melakukan panggilan. Masih memiliki tingkat keamanan dan rendah.
  • Standar: AMPS, TACS
  • Teknologi: Analog
  • Kecepatan: 2.4 Kb/s

2. 2G

Perkembangan berikutnya adalah 2G, merupakan kepanjangan atau singkatan dari second generation. Mulai diperkenalkan di negara Finlandia pada tahun 1991, juga tempat lahir Nokia atau biasa dikenal HP sejuta umat. Menjadi generasi yang digunakan pada banyak operator GSM (Global System for Mobile Communications). Dapat melaukan pengiriman SMS ,panggilan telepon, dan layanan data seperti MMS. Memiliki enkripsi data sehingga tingkat keamanan lebih baik daripada 1G.
  • Standar: GSM, GPRS, EDGE
  • Teknologi: Digital
  • Kecepatan: 64 Kb/s

2.5G GPRS

Generasi 2G kemudian berkembang menjadi 2.5G GPRS. GPRS adalah singkatan dari General Packet Radio Service, memiliki kecepatan transfer data hingga 114 Kb/s.

2.75G EDGE

Perkembangan generasi ke-2 berikutnya adalah generasi 2.75G EDGE. EDGE adalah singkatan dari Enhanced Data Rates for GSM Evolution, memiliki kecepatan transfer data maksimum hingga 384 Kb/s.

3. 3G

Berikutnya 3G third generation adalah generasi ke 3 dari perkembangan teknologi jaringan telekomunikasi. Diperkenalkan pada tahun 2001 dan mulai memiliki simbol '3G' pada notifikasi bar telepon genggam. Menawarkan kecepatan tinggi daripada generasi sebelumnya yaitu hingga 2 Mb/s.
  • Standar: UMTS/HSPA
  • Teknologi: Digital
  • Kecepatan: 2Mb/s

3.5G HSPA

High Speed Packet Access adalah perkembangan lanjutan dari 3G. Pada telepon genggam biasanya terdapat simbol 'H' pada notifikasi bar. Memiliki kecepatan transfer data 14 Mb/s untuk download dan 5.76 Mb/s untuk upload.

3.75G HSPA+

3.75G adalah perkembangan yang ditingkatkan dari HSPA, dirilis tahun 2008 dan digunakan di seluruh dunia berikutnya mulai tahun 2010. Secara teori teknologi ini mampu mencapai kecepatan hingga 42 Mb/s. Memiliki simbol 'H+' serta banyak digunakan pada smartphone dan modem.

4. 4G

Jaringan seluler 4G adalah singkatan dari fourth generation dan merupakan standar teknologi telekomunikasi yang memberikan berbagai fitur dari pendahulunya. Jaringan 4G semakin mendukung performa layanan mobile internet yang sudah ada sejak era 3G. Disinilah muncul berbagai layanan dan aplikasi seperti streaming, mobile game, dan video beresolusi tinggi. Secara umum biasa disebut sebagai 4G LTE (Long Term Evolution).
  • Standar: LTE
  • Teknologi: Digital
  • Kecepatan: 100 Mb/s - 1Gb/s

Nah, bagaimana dengan 5G? 5G digadang-gadang menjadi teknologi yang 10x lebih cepat dari 4G, wow! Tidak hanya itu saja, generasi ke-5 kali ini akan menjadi konektivitas dalam kehidupan kita sehari-hari atau disebut IoT (Internet of Thing). Hmm apakah 5G akan menjadi ancaman atau keuntungan bagi umat manusia?, kita tunggu saja :D.

Comments