7 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Merusak Gadgetmu

7 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Merusak Gadgetmu

Kegiatan Sehari-hari yang Bisa Merusak Gadget Laptop/Smartphone - Sulit membayangkan jika di dunia ini tidak ada gadget. Mereka yang sehari-hari bersama kita, memudahkan kira dalam berkomunikasi, dan membuat kita lebih cepat terhubung dengan orang lain. Namun, ada beberapa kebiasaan yang dapat memperpendek usia Gadget.

Well, berikut ini adalah kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak gadgetmu.




Kebiasaan yang cepat merusak gadget:

1. Membawa smartphone ke toilet atau kamar mandi

Pertama, akan menjadi hari yang buruk bagi kita jika smartphone jatuh dan terkena air, bahkan tercebur ke dalam bak mandi. Kedua, toilet dan kamar mandi merupakan tempat berkumpulnya berbagai bakteri, jangan sampai bakteri-bakteri jahat menempel ke gadget kita dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan di kemudian hari.



2. Makan/nyemil diatas laptop

Saat minuman tak sengaja tumpah diatas laptop, jangan berharap untuk memperbaikinya dengan mudah. Minuman yang mengandung gula dan minuman bubuk akan sangat sulit sekali untuk dibersihkan. Zat-zat yang lengket akan memperusak komponen laptop.



3. Mencharge saat baterai benar-benar habis

Kebanyakan smartphone jaman sekarang menggunakan baterai Li-Ion. Mengisi baterai yang habis ini seperti orang yang sudah kelelahan, lapar, dan tertidur lemas, membangunkannya pun sulit, butuh usaha ekstra. Yang artinya, untuk mengisi baterai Li-Ion yang kosong dibutuhkan tegangan yang besar dan cenderung membuat baterai panas. Mengisi daya baterai saat 50% atau 60% dapat membuat baterai gampang terisi serta memelihara cycle baterai.



4. Membiarkan gagdetmu terpapar terik matahari

Sebagian dari smartphone/laptop memiliki bahan yang dilapisi plastik dan metal serta bahan-bahan yang mudah menyerap panas. Meletakkanya di bawah terik sinar matahari saat beraktifitas di luar ruangan dapat membuat suhu perangkat meningkat, serta akan mempercepat kerusakan komponen. Alangkah baiknya kita mencari tempat yang lebih teduh saat beraktifitas di luar ruangan.


5. Bermain laptop di tempat tidur

Seringkali kita terlalu asyik saat memainkan laptop ditempat tidur sehingga lupa bahwa laptop memiliki sebuah fentilasi kipas atau fan yang tak boleh tertutupi. Fungsi dari fan laptop itu sendiri adalah untuk mengeluarkan suhu panas dalam laptop. Menaruh laptop di tempat tidur membuat udara yang keluar/masuk tidak lancar dan debu yang berada di tempat tidur kita juga akan mengotori fan laptop.



6. Membersihkan gadget menggunakan bahan pembersih rumah tangga

Cairan pembersih rumah tangga memiliki zat yang berbahaya untuk gadget kita. Contohnya adalah dilarang membersihkan gadget dengan bantuan pembersih kaca atau detergen. Zat keras yang terkandung dapat memperusak layar gadget.



7. Menggunakan sembarang jenis charger

Setiap gadget yang kita beli pasti memiliki kapasitas tegangan dan arus yang berbeda-beda pada chargernya. Menggunakan sembarang jenis charger dan arus yang tak sesuai dengan kapasitas gadget yang kita miliki akan mempercepat kerusakan komponen. Ini dikarenakan komponen yang tidak mampu menampung arus yang masuk sehingga dapat menyebabkan konsleting serta berbagai kerusakan lainnya. Alangkah baiknya selalu menggunakan charger original bawaan.


Itu dia artikel 7 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Merusak Gadgetmu. Dari 7 diatas, kira-kira kebiasaan mana yang paling sering kalian lakukan?

 
Lebih baru Lebih lama