Jenis dan Pengertian Kualitas Film Beserta Urutannya

Jenis dan Pengertian Kualitas Film

Mengenal Jenis Kualitas Film/Video - Untuk kalian yang suka nonton film di DVD, streaming ataupun bioskop, tahukah kalian bahwa sebenarnya film tersebut memiliki kualitas yang berbeda-beda?.

Jika kita membeli DVD film pasti ada tulisan kualitas video BluRay. Lalu, saat melakukan streaming film pasti juga pernah melihat lebih banyak label kualitas video.

Kali ini kalian akan tahu berbagai jenis kualitas film beserta pengertiannya. Berikut ini adalah jenis dan pengertian kualitas film yang sering kita jumpai.


1. CAM

Jenis dan Pengertian Kualitas Film
Contoh kualitas CAM

CAM merupakan kualitas film yang paling buruk, karena hasil atau sumber perekaman filmnya menggunakan kamera yang merekam langsung di bioskop.

Banyak sekali kekurangannya seperti hasil gambar yang buruk, banyak suara penonton, dan goncangan-goncangan kamera.



2. TS (Telesync)

Jenis dan Pengertian Kualitas Film
Contoh kualitas TS

Kualitas TS (Telesync) adalah film yang berasal dari rekaman bioskop, hanya saja pada saat perekaman si perekam meletakkan alat audio recording bernama Telesync dekat dengan sumber suara. Kemudian, suara tersebut disatukan dengan hasil rekaman videonya menggunakan software video editor.

Sehingga, kualitas suara yang dihasilkan dari jenis video ini bisa dikatakan lumayan baik daripada kualitas CAM diatas, dan untuk kualitas gambar sama saja dengan kualitas CAM tergantung dari peletakan kamera pada saat merekam.



3. DVDScr

Jenis dan Pengertian Kualitas Film
Contoh kualitas DVDScr

DVDScr adalah kualitas film hasil salinan dari sebuah PROMO DVD yang keluar sebelum DVD asli dipasarkan. Video jenis ini biasanya akan terdapat berbagai kelemahan dalam videonya. Seperti tanda air/watermark dalam video (hanya sebagian layar) dan tulisan/teks berjalan tanda preview. Memiliki kualitas yang lumayan baik, tapi tidak buruk juga.



4. DVDRip

Jenis dan Pengertian Kualitas Film
Contoh kualitas DVDRip

DVDRip adalah kualitas hasil copy dari DVD itu sendiri serta memiliki kualitas suara dan gambar yang baik. Kualitas gambar dan suara diatas DVDScr, serta masih layak untuk ditonton.



5. HDTV/TVRip

Jenis dan Pengertian Kualitas Film
Contoh kualitas HDTV/TVRip

HDTV/TVRip, merupakan kualitas hasil film yang diencode dari TV berkualitas HD. Terkadang masih ada watermark TV pada videonya.

Resolusinya berkisar 480p - 720p berformat .MP4. Biasanya untuk serial TV yang keluar seminggu sekali.



6. HDRip

Jenis dan Pengertian Kualitas Film
Contoh kualitas HDRip

HDRip adalah kualitas hasil salinan dari TV kualitas HD, memiliki kualitas suara dan gambar yang bagus. Kualitas film ini masih sangat layak untuk ditonton. Kekurangannya adalah biasanya masih terdapat hardsub (subtitle) yang permanen.



7.WEB-DL/WEBRip

Jenis dan Pengertian Kualitas Film
Contoh kualitas WEB-DL/WEBRip

WEB-DL/WEBRip adalah kualitas film yang diunduh melalui situs jaringan tv yang menggunakan internet. Biasanya dapat diunduh pada situs seperti iTunes dan iflix. Kualitas ini sedikit dibawah BRRip, memiliki resolusi 720p dan 1080p.



8. BluRay

Jenis dan Pengertian Kualitas Film
Contoh kualitas BluRay

BluRay merupakan kualitas film yang terbaik, biasanya kualitas ini hanya terdapat pada DVD resmi yang sudah rilis dan terjual di pasaran. Memiliki Resolusi video 720p (HD) dan 1080p (Full HD). Semakin tinggi dimensinya, semakin besar pula ukuran filenya.

Adapun versi lain yang beredar di internet seperti BDRip (BluRay Disk Rip) dan BRRip. Pengertianya adalah, BDRip merupakan hasil format asli dari DVD itu sendiri.

Sedangkan BRRip adalah format DVD yang telah diencode dan mengkonversi ukuranya menjadi lebih kecil tanpa mengurangi kualitas film itu sendiri.




Kesimpulan

Jadi, jika diurutkan dari yang kualitasnya bagus adalah seperti ini.

Urutan kualitas film dari yang paling baik/ bagus :

    1. BluRay
    2. WEB-DL/WEBRip
    3. HDRip
    4. HDTV/TVRip
    5. DVDRip
    6. DVDScr
    7. TS (Telesync)
    8. CAM

    Oh ya, semakin tinggi kualitas film yang kita tonton, semakin tinggi pula spesifikasi dari laptop atau komputer yang dibutuhkan. Seperti itu tadi jenis beserta pengertian kualitas film, semoga bermanfaat.

     
    Lebih baru Lebih lama