Cara Mengetahui Kecepatan Loading Blog Real-Time

Cara Mengetahui Kecepatan Loading Blog

Cara Tes Kecepatan Blog - Setelah membuat blog, langkah berikutnya ialah mempromosikan agar semakin banyak pengunjung. Namun, apakah kita telah memperhatikan kecepatan loading blog agar pengunjung nyaman?. Sebagai pemilik blog, terkadang merasa baik-baik saja saat mengakses blognya di laptop atau komputer sendiri.

Ya, itu karena ada cache yang secara otomatis tersimpan pada browser seperti Chrome atau Firefox, sehingga saat kita mengakses blog akan memanggil bagian yang tersimpan didalam cache.

Lalu, bagaimana jika ada pengunjung baru? Atau, bagaimana jika ada pengunjung dari luar negeri yang berbeda server?. Inilah sebabnya kita harus selalu mengecek kecepatan loading blog.

Seperti pada artikel sebelumnya juga pernah membahas 3 Cara Mudah Untuk Mempercepat Loading Blog, kali ini kita akan lebih mengoptimisasinya dengan mengetahui kecepatan loading blog terlebih dahulu. Kita dapat menguji kecepatan blog menggunakan tools seperti Pingdom.

Pingdom adalah website penyedia alat online gratis yang memungkinkan Anda menguji kecepatan situs web Anda dari lokasi yang berbeda-beda. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengetahui kecepatan loading blog.


Cara Mengetahui Kecepatan Loading Blog Kita

  1. Silahkan mengunjungi situs https://tools.pingdom.com/
  2. Ketikkan url atau alamat blog.
    Cara Mengetahui Kecepatan Loading Blog
  3. Pilih server untuk melakukan pengecekan loading blog, akan tersedia server dari berbagai benua.
  4. Klik "START TEST" dan tunggu hasilnya. 
  5. Kemudian akan keluar berbagai hasil test, untuk yang bagian kecepatan blog adalah "Load Time". 
    Cara Mengetahui Kecepatan Loading Blog

Lalu, berapa kecepatan blog yang paling baik? Dari artikel yang pernah saya baca, kecepatan loading blog yang paling baik adalah dibawah 2 detik.




Well, itu tadi langkah-langkah untuk mengetahui kecepatan loading blog. Oh ya, selain hasil kecepatan loading, saat kita scroll kebawah akan ada hasil pengukuran lain seperti ukuran gambar, css, dan javascript. Disitu kita akan mengetahui apa saja yang membuat loading blog kita lambat dan harus segera memperbaikinya. Semoga bermanfaat.

 
Lebih baru Lebih lama