3 Cara Mudah Mempercepat Loading Blog

Cara Mudah Mempercepat Loading Blog
3 Cara Mudah Mempercepat Loading Blog - Dalam membuat blog pasti akan ada banyak hal yang harus diperhatikan seperti, desain, logo, tata letak, dan isi artikel. Serta yang tidak kalah penting lagi adalah bagaimana membuat loading blog kita cepat dan ringan untuk diakses. Dengan membuat loading blog cepat, akan membuat pengunjung menjadi nyaman saat menjelajah blog kita. Dengan demikian pengunjung akan senantiasa mengunjungi blog kita, dan tak jarang juga blog kita akan direkomendasikan kepada pengunjung-pengunjung yang lain.

Dari berbagai artikel yang telah saya baca, ternyata kecepatan loading blog juga mempengaruhi SERP (Search Engine Result Page).  Jadi, meskipun artikel blog bagus, desain menarik, tetapi loading blog lama/lemot, pengunjung akan meninggalkan blog kita dan pastinya berpaling ke blog lain. Dengan demikian blog akan kehilangan ranking SERP.

Pengunjung menyukai loading blog yang cepat karena itu akan mempersingkat waktu mereka saat menjelajahi blog. Coba kita amati, blog-blog atau website yang tampil pada halaman pertama pencarian Google adalah blog yang memiliki laoding yang cepat dan ringan.

Sebelum menuju cara ini, cek terlebih dahulu kecepatan blog kita supaya tahu berapa lama kecepatan loading blog melalui artikel Cara Mengetahui Kecepatan Loading Blog. Well, berikut ini adalah 3 Cara Mudah Mempercepat Loading Blog.

1. Memperkecil Ukuran Gambar

Dalam membuat artikel pastinya akan disertakan gambar supaya artikel lebih mudah dipahami oleh pengunjung. Yang menjadi pertanyaan adalah, berapa besar ukuran gambar yang dipost?. Jangan sampai gambar/foto yang kita post memperlambat loading blog kita karena ukurannya yang besar. Baiknya kita cek terlebih dahulu ukuran gambar kita kemudian memperkecil ukurannya, sebisa mungkin maksimal ukurannya sebesar 500kb. Ada beberapa online tools untuk memperkecil ukuran gambar, yaitu :

2. Memperkecil Ukuran Kode CSS

Ukuran kode CSS juga harus dikompres juga agar blog lebih ringan. Untuk jaga-jaga, sebelum dikompres lakukan backup terlebih dahulu pada kode CSS. Karena hasil kompresi akan menjadi agak kurang tertata. Dibutuhkan ketelitian untuk mengedit CSS yang terkompres, jika ada kata yang hilang akan menyebabkan error pada template blog. Alat untuk mengkompres kode CSS bisa mengunjungi Csscompressor.com.

3. Mengurangi Penggunaan Widget yang Berlebihan

Perlu diketahui, penggunaan widget yang berlebihan dapat memperlambat kecepatan loading blog. Terkadang kita memasang widget untuk memperindah tampilan blog, tetapi jika memasangnya terlalu banyak pastinya akan membutuhkan waktu akses yang lebih lama lagi dan membuat blog kita semakin berat. Baiknya kita memasang widget yang ringan dan dapat mempermudah pengunjung dalam menjelajah blog kita seperti Label atau Popular Post.

Yap, itu tadi 3 Cara Mudah Mempercepat Loading Blog yang dapat diterapkan pada blog sobat. Semoga bermanfaat :) .

Comments